Pengertian Manajemen dan Peluang Kerja Jurusan Manajemen

Kampuslampung.com - Kuliah mengambil pilihan jurusan manajemen tentu sudah tidak asing lagi dengan definisi dari Manajemen.  Dikutip dari situs Wikipedia Manajemen adalah seni menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain. Definisi Mary Parker Follet ini berarti bahwa seorang manajer bertugas mengatur dan mengarahkan orang lain untuk mencapai tujuan organisasi. Nah lalu apa saja yang akan kamu pelajari dengan memilih jurusan Manajemen, di Jurusan manajemen kamu akan mempelajari Mata Kuliah mengenai Statistisk Deskriftif, Manajemen Keuangan, Anggaran, Statistik Inferens, Manajemen Pemasaran, Manajemen Keuangan, Manjemen Sumber Daya Manusia, dan masih banyak lagi.
Source Hotcourse Indonesia

Perlu di Ingat sebelum kamu memutuskan memilih jurusan ini, kamu terlebih dahulu harus mengetahui peluang kerja dari jurusan ini.  Peluang kerja yang paling umum bagi anak jurusan manajemen adalah menjadi seorang marketing atau manajer Pemasaran dan lain-lain.
Berikut adalah peluang kerja jika anda memiliih jurusan Manajemen
  1. Sales/Marketing/Pemasaran/SPG
  2. Pegawai Bank, Customer Service, teller dan lain/lain
  3. Manajer Pemasaran
  4. Supervisor
  5. Human Resources Development
  6. Bagian Manajer Keuangan
  7. Tenaga Pendidik atau Dosen
  8. Manajemen Trainee
  9. Dan Lain-lain
Namun perlu kamu ketahui, saat ini jurusan juga tidak akan menentukan mau berkerja sebagai apa kamu kedepannya, Kamu hanya bisa merencanakan untuk berkerja dimana dan dibagian apa, semua bergantung dengan Nasib kamu, karna nasibmu kamu sendiri yang menentukan, beda loh dengan takdir.  Dari beberapa pengalaman melihat kondisi lulusan Manajemen di Lapangan pilihan pekerjaan terbanyak sebagai Sales/Marketing dan Tenaga Pendidik/Dosen, Masih jarang yang merambah di bagian lain. Hal ini tidak jauh berbeda dengan jurusan Akuntansi yang banyak menjadi seorang sales Kredit, di Perbankan atau di perusahaan pembiayaan, Sales kendaraan Bermotor baik roda dua/Empat.  Sedangkan beberapa teman nih pengalaman dari jurusan Ilmu Komputer berkerja sebagai collector, atau Debt Kolektor, kan enggak nyambung ya dengan jurusan yang diambil, seharusnya jurusan manajemen berkerja sesuai dengan Jurusannya, Begitu juga dengan jurusan Akuntansi dan Ilmu Komputer.

Namun kita tidak bisa menyalahkan juga, kok jurusan ILKOM Kerjanya jadi Debt Collector, mungkin hal ini disebabkan karena  masih minimnya peluang kerja di Lokasi tersebut, sehingga mereka memutuskan untuk menerima pekerjaan tersebut, Atau memang karena enggak mau mengganggur yasudahlah ya yang penting gua kerja. He..he

Postingan ini tidak bermaksud menyudutkan program pendidikan tertentu, ini hanya fakta yang ada di Lapangan saja, Saran aja nih buat kamu yang memang lagi mau kuliah, Tolong dipertimbangkan lagi jurusan yang hendak kamu ambil, jangan sampai kamu mengambil jurusan tersebut, tapi setelah lulusan kamu tidak menguasai bidang jurusan tersebut. Contoh kamu ambil jurusan Tekhnik Informasi, tapi tugas Akhir Skripsi saja kamu minta tolong joki untuk buat programnya, gimana dong, sia sia dong ya kuliah 4 tahunnya apalgi yang sampai 5 tahun. 

Poin pentingnya, jangan asal ambil jurusan, terus ujung-ujungnya bilang saya salah ambil jurusan, dan yang paling penting kuliah yang serius, ikuti semua prosesnya dengan baik, mudah-mudahan apa yang kamu inginkan setelah lulus bisa diwujudkan.

Ingat Pilihlah jurusan yang memiliki peluang kerja yang banyak dan bisa masuk dibagian apa saja.

Subscribe to receive free email updates: